Cara Menginstal Windows XP Dengan Flashdisk

Cara Menginstal Windows XP Dengan Flashdisk – Artikel ini sengaja aku buat karena aku mempunyai pengalaman yang sangat menarik sekali ketika aku ingin membuat system baru pada Notebook teman aku yang DVD Rom-nya hanya bisa membaca DVD dan tidak bisa membaca CD. Jalan terakhir yang harus dan bisa dilakukan adalah menginstall OS-nya dengan USB. Akhirnya setelah terus berusaha dan berusaha, aku menemukan bagaimana cara menginstal Windows XP dengan Flashdisk.
Silahkan ikuti langkahnya satu per satu dengan teliti dan kamu harus sabar karena waktu yang dibutuhkan lumayan lama.

Persiapan

  • Tentunya fasilitas bios booting komputer kamu harus mendukung option menu melalui USB atau removable device. Check dengan menekan tombol F2 pada saat booting. 
  • Siapkan High speed USB minimal yang berkapasitas 1 GB dan kamu juga harus memiliki port USB 2.0 juga, kalo yang model lawas jangan harap bisa cepat. Sebagai reference, secara teori transfer data maksimum untuk USB 2.0 adalah 400 mbps vs USB 1.1 yang hanya 12 mbps. Pasang pada port USB komputer kamu. 
  • Sumber listrik AC jangan memformat komputer dengan hanya bermodalkan baterai saja. 
  • CD installer windows XP dan copy ke hard disk kamu misalnya C:XPCD 
  • Driver untuk hardware komputer kamu, yang harus diinstal setelah penginstalan Windows selesai. Misalnya Chipset motherboard, VGA card driver (Misalnya ATI atau NVidia), Sound card driver (Misalnya SigmaTel atau Realtek), Bloetooth, Wireless, webcam atau yang lainnya. Biasanya disertakan dalam satu CD khusus pada saat kamu membeli komputer. Jika tidak ada atau hilang, kamu dapat men-download-nya melalui internet ke manufacture yang ada. 

Download software pendukung berupa USB Multiboot 10 (2 mb).

Kustomasi USB Flash Installer

  • Unpack software yang telah didownload dan double klik pada USB Multi boot (Klik di sini).bat
  • Kemudian muncul informasi awal, dan tekan sembarang tombol.
  • Kemudian akan muncul jendela berikut:
  • Jika USB sudah siap, tidak usah bingung langsung aja ketik P dan enter. Ingat: semua data di USB kamu akan hilang! Kemudian akan muncul jendela Pe to USB.
  • Yakinkan USB 2 GB kamu ada pada destination drive dan centang enable disk format serta enable LBA (FAT 16X). Namai USB kamu pada Drive Label. Kemudian klik Start. Seharusnya semua berjalan normal dan USB kamu akan terformat.
  • Jawab Yes jika ada pertanyaan yang muncul.
  • Jika semua selesai, klik tombol Close kemudian akan muncul jendela berikut:
  • Ketik 1 kemudian enter, pilih sumber XP installer kamu misalnya C:XPCD.
  • Ketik 2 kemudian enter, pilih lokasi USB drive kamu.
  • Ketik 3 kemudian enter, XP files akan ter copy ke dalam USB kamu dan jawab Yes jika ada pertanyaan yang menyertainya.
  • Jika proses pengkopian selesai, pop up screen akan muncul dan menanyakan beberapa pilihan: (1) Unattended Install – UserName = Nama kamu pada winnt.sif Unattended switch = Yes. UserName digunakan otomatis pada useraccounts.cmd dengan UserName yang dibuat pada $OEM$ folder yang dikopi di USB. Jika kamu memilih ini maka welcome screen otomatis tidak akan muncul karena diisi dengan nama kamu tersebut. (2) Semi Unattended Install – UserName = kosong pada winnt.sif Unattended switch = No. UserName dimasukkan secara manual pada Windows welcome screen. Useraccounts.cmd dibuat menjadi inactive txt file pada $OEM$ folder yang di kopi di USB. (3) Cancel – Semua dikembalikan kepada default setting, kamu diminta memasukan data selama penginstalan.
Ok, sejauh ini proses pembuatan XP USB sudah selesai, ikuti seluruh panduan yang ada dan jika sudah selesai tutup jendela USB_Multiboot_10 dan USB siap digunakan.

Penginstalan XP melalui USB

Setelah semua siap, lakukan penginstalan Windows dengan memasukan USB ke port USB dan hidupkan komputer kamu. Pada saat booting awal, biasanya akan muncul logo brand komputer kamu. Pilih boot menu melalui removable devices. Dengan cara:
  • Untuk komputer/ laptop baru Tekan tombol F10 atau F12 (bervariasi tergantung komputer kamu). Pilih booting menu melalui removable device.
  • Untuk komputer lama (Biasanya Desktop). Tekan tombol Del (Delete) atau F2 (tergantung komputer kamu). Akan muncul Bios Setup Utility. Biasanya ada di Tab Advance atau boot dan pilih booting dari removable device. Kemudian Save dan Exit (biasanya F10).

Komputer akan restart, Windows akan memulai booting dari USB. Pilih TEXT Installation dan ikuti panduan memformat XP. Jika restart pilih booting dari USB lagi, jika tidak maka akan muncul pesan: hal.dll not found error dan penginstalan akan gagal.

Jadi yang perlu diingat pada proses ini adalah:
  • Booting HARUS selalu dari USB, kecuali jika sudah muncul desktop windows.
  • Pada saat pertama kali, pilih TEXT Installation (option 1) pada menu booting.

Sekian tips dari aku, semoga bisa membantu dan bermanfaat untuk sobat semuanya…

0 thoughts on “Cara Menginstal Windows XP Dengan Flashdisk

  1. infonya sangat bermanfaat.
    kalo caraya booting windows jenis apapun dengan flaskdisk bisa nggak, dengan tampilan desktop tentunya?

    saya dulu punya bootable Cd windows 98, tapi hilang, bisa booting dari CD sampai desktop, kondisi harddisk kosong. kalo untuk win XP, win 7, win vista, win ME, win 2000 bisa enggak dibuat booting dari USB/flaskdisk.

    terima kasih

  2. Salah satu kemungkinan adalah file Windowsnya ada yang ga' tercopy pada saat membuat BOOTING FLASHDISKnya…
    Kemungkinan yang kedua ada yang CORRUPT pada saat FORMAT FLASHDISKnya…
    Kemungkinan yang ketiga ada langkah yang belum Anda pahami atau terlewatkan.
    Yang pasti Original atau tidak Original itu tidak berpengaruh.

    Terima kasih…
    Salam
    WERDI
    http://www.werdingeblog.co.cc

  3. thanks infonya mas pada saat saya coba instal eroor setelah proses formating lalu reboot dan set up kembali pada saat itu eroor, apa karna windosnya g asli ya mas atau ada keslahan pada copy file di flashdisk
    mohon bantuannya kirim ke email ya mas

  4. Linknya saya sudah sediakan di artikel ini, mohon dibaca dengan baik.
    Mengenai petunjuknya tinggal ngikutin apa yang ada di artikel ini.

    Terima kasih.

  5. Thanks ya…akhirnya Notebook saya sudah terinstall Windows XP tanpa harus mengeluarkan biaya yang banyak dan ga' susah…

  6. Bener banget, karena jaman sekarang ini banyak banget Netbook yang tentunya tidak include CD/DVD-ROM. Tentunya trik ini sangat bermanfaat…

  7. Jika ingin mengganti windows ke versi yang lebih lama, itu bisa dilakukan tanpa harus menunggu error dulu. Ada 1 hal yg harus diperhatikan adalah masalah driver dari notebook yang ingin sobat ganti OS nya, apakah driver yang sobat miliki support dengan windows versi yg lebih lama atau tidak, dan jika tidak coba untuk mencari di internet untuk drivernya sesuai dengan OS yang akan diinstall, supaya kinerjanya stabil dan tidak ada masalah saat install OS atau software yg lain.
    Sedikit masukan dari saya, terima kasih atas kunjungannya.

  8. makasih infonya,mau tanya lagi nih mas,kalo os notebook saya bisa di rubah nggak,sekarang windows 7 dan di install ulang windows xp,apa notebook saya harus error dulu baru bisa install ulang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *